PENGARUH
ANALISIS SWOT TERHADAP PENINGKATAN
STANDAR
PELAYANAN PUBLIK PADA
DINAS
KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN
MALANG
LAPORAN
PRAKTEK KERJA NYATA ALTERNATIF
Oleh:
DINI
NORMA HUSNIA
409422421819

JURUSAN
AKUNTANSI
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
NEGERI MALANG
2012
PENGARUH
ANALISIS SWOT TERHADAP PENINGKATAN
STANDAR
PELAYANAN PUBLIK PADA
DINAS
KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN MALANG
LAPORAN PKL/KKN ALTERNATIF
Diajukan kepada
Universitas Negeri Malang
untuk memenuhi salah satu persyaratan
dalam menyelesaikan program PKL/KKN
Alternatif
Oleh
Dini Norma Husnia
409422421819
UNIVERSITAS
NEGERI MALANG
FAKULTAS
EKONOMI
PROGRAM
STUDI S1 AKUNTANSI
JULI
2012

LEMBAR
PERSETUJUAN
Laporan
oleh Dini Norma Husnia
Telah
diperiksa dan disetujui untuk diuji
Malang,..................
Pembimbing
Cipto
NIP.
196912182005012001
Mengetahui,
Ketua
Jurusan
Dr.
Dyah Aju Wardhani, M.Si., Ak
NIP.
196701081999032001
ABSTRAK
Husnia,
D. Norma. 2012. Pengaruh Analisis SWOT
Terhadap Peningakatan Standar Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan
Pencatatan Sipil Kabupaten Malang . Laporan Praktek Kerja Lapangan. Jurusan
Akuntansi, Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri
Malang. Pembimbing: Nurika Restuningdiah SE, M.Si, Ak.
Kata
kunci:Analisis SWOT,
Standar Pelayanan Publik
Analisis SWOT(Strengths, Weaknesses,
Opportunities and Threats) merupakan instrumen perencanaan strategis yang
klasik. Dengan menggunakan kerangka kerja kekuatan, kelemahan, kesempatan dan
ancaman yang dapat digunakan sebagai pembandingan antara faktor internal yang
meliputi Strengths danWeaknesses dengan faktor eksternal Opportunities
and Threats. Selain itu, Analisis SWOT juga bisa digunakan untuk melakukan
perbaikan dan improvisasi dengan mengetahui kelebihan (Strengths, Weaknesses) dan kelemahan (Opportunities and
Threats). Maka organisasi dapat melakukan perbaikan diri dengan meningkatkan kelebihan yang dimiliki
untuk meminimalkan kelemahan yang ada.
Laporan
ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini meliputi wawancara dancatatan lapangan. Sedangkan Analisis
data meliputi mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun
subjek penelitian ini adalah Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten
Malang.
Berdasarkan
Penelitian ini menunjukkan bahwa standarpelayanan publik pada Dinas
Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang telah berjalan dengan baik,
namun masih terdapat banyak kekurangan yang ditemui diantaranya yaitu keterbatasan
jumlah karyawan, sistem teknologi informasi yang kurang memadai, dan kurangnya
sosialisasi kepada masyarakat.
Beberapa saran yang dapat peneliti
sampaikan yaitu: (1) instansi pemerintah dapat mengembangkan sistem
penyelenggaraan Administrasi Kependudukandengan menyiapkan alat dan perangkat
yang memadai. (2) Meningkatkan
sistem penyimpanan data dan sistem informasi dokumen dengan berbasis teknologi
informasi

Alhamdulillahirabbil’aalamin,
puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan segala nikmat dan rahmat-Nya
sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan magang yang berjudul ”Pengaruh Analisis SWOT Terhadap
Peningakatan Standar Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan
Sipil Kabupaten Malang” dengan baik.
Penyusunan
laporan ini tidak lepas dari bantuan, bimbingan, dorongan dan motivasi dari
berbagai pihak. Pada kesempatan ini tidak lupa penulis mengucapkan terima kasih
yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu terselesaikannya
laporan magang ini diantaranya adalah:
1.
PAK
CIPTO,selaku pembimbing yang telah memberikan pengarahan, dan
bimbingan dalam menyelesaikan laporan magang.
2.
Dr. Dyah Aju Wardhani,
M.Si. Ak Selaku Ketua Jurusan Akuntansi Universitas
Negeri Malang yang telah memberikan izin dan kemudahan kepada penulis dalam
melaksanakan praktek kerja lapangan.
3.
Prof.Dr. Ery Tri
Djatmika R.W.W, M.A., M.SiSelaku Dekan Fakultas
Ekonomi yang telah memberikan izin dan kemudahan kepada penulis dalam
melaksanakan praktek kerja lapangan.
4.
Drs. Murdiyanto, yang telah memberikan izin untuk melakukan magang
penulis, bimbingan dan arahan sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini.
5.
Seluruh
Staf
dan Karyawan Dinas Kependudukan Dan
Pencatatan Sipil Kabupaten Malangyang telah membantu memberikan motivasi, kelengkapan data serta semangatnya
dalam penyelesaian laporan magang ini.
6.
Keluarga tercinta, Drs.
M. Nawawi dan Malikhatul Munadhiroh S.Pd, kakakAdvanti Fitrianida, yang selalu memberikan doa, semangat, dan nasehat
sehingga penulis mampu menyelesaikan laporan ini.
7.
Seluruh
dosen Akuntansi Universitas Negeri Malang yang telah membagi ilmu dan
pengalaman kepada penulis.
8.
Orang-orang
terdekat,Afri Candra Ananta dan sahabat-sahabat picnic serta teman-teman yang tidak dapat disebutkan satu
persatu, yang selalu memberikan dukungan dan semangat sehingga penulis dapat
menyelesaikan laporan ini tepat waktu.
Penulis menyadari bahwa laporan magang ini masih jauh
dari sempurna, oleh karena itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang
membangun dari berbagai pihak.
Akhirnya penulis mengharap agar laporan magang ini dapat
bermanfaat bagi banyak pihak.
Malang,
Juli 2012
Penulis
DAFTAR
ISI
ABSTRAK............................................................................................................... i
KATA PENGANTAR.......................................................................................... .. ii
DAFTAR ISI........................................................................................................ . iii
DAFTAR TABEL................................................................................................ . iv
DAFTAR GAMBAR........................................................................................... .. v
DAFTAR LAMPIRAN........................................................................................ . vi
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar ................................................................................................ 8
1.2 Tujuan Penulisan ............................................................................. 6
BAB II KAJIAN
TEORI
2.1 Pengertian Asuransi........................................................................ 10
2.2 Tujuan Asuransi.............................................................................. 11
2.3 Definisi Premi................................................................................. 12
2.4 Prinsip-Preinsip Asuransi................................................................ 12
BAB III PENYAJIAN
DATA DAN ANALISA PEMECAHAN MASALAH
3.1 Pofil Perusahaan............................................................................ 13
3.1.1 Sejarah dan Perkembangan PT. Asuransi Jiwasraya
(Persero)................................................................................ 23
3.1.2 Visi dan Misi PT. Asuransi Jiwa Sraya (Persero).................. 24
3.1.3 Struktur Organisasi............................................................... 25
3.1.4 Jenis-Jenis Produk................................................................. 26
3.2 Penyajian Data............................................................................... 13
3.3 Analisa Pemecahan Masalah.......................................................... 15
BAB
IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan..................................................................................... 16
4.2 Saran............................................................................................... 17
Daftar Pustaka....................................................................................................... 19
Lampiran................................................................................................................ 19
DAFTAR
GAMBAR
3.1 Gambar Struktur Organisasi Dinas Kependudukan
Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang
DAFTAR
LAMPIRAN
1.
Kegiatan
PKL
2.
Nilai
(Laporan Kinerja Praktek)
3.
Kesediaan
Instansi
4.
Foto
Kegiatan
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
LatarBelakang
Saat ini data jumlah penduduk Jawa Timur dari hasil
proyeksi oleh BPS (Badan Pusat Statistik) yaitu sebesar 37.476.757 jiwa pada
tahun 2011. Pertumbuhan penduduk di Kabupaten Malang terbilang pesat, menurut
data dari BPS, Kabupaten Malang menempati urutan kedua dengan jumlah penduduk
sebesar 2.873.700 Jiwa.
Dari jumlah penduduk yang adasemuanya
pasti mengalami peristiwa penting kependudukan dan menjadi objek pelayanan dari
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
merupakan instansi pemerintahan yang bergerak dalam bidang pelayanan publik.
Pelayanan publik pada dasarnya menyangkut aspek kehidupan yang sangat luas.Pelayanan publik merupakan pemberian layanan yang
dilakukan oleh pemerintah sebagai penyelenggara Negara untuk memenuhi kebutuhan
masyarakat (publik) sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dari pengertian
tersebut pemerintah wajib melayani kebutuhan publik. Dalam
kehidupan bernegara, maka pemerintah memiliki fungsi memberikan berbagai
pelayanan publik yang diperlukan oleh masyarakat. Berbagai gerakan reformasi
publik (public reform) yang dialami negara-negara maju pada awal tahun
1990-an banyak diilhami oleh tekanan masyarakat akan perlunya peningkatan
kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah, seperti halnya
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Malang yang berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat
Kabupaten Malang .
Dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Dinas Kependudukan Dan
Pencatatan sipil, diperlukan upaya peningkatan kapasitas SDM, peningkatan
sarana dan prasarana, perbaikan kualitas kinerja dan penyempurnaan sistem,
serta intensitas koordinasi dan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran
masyarakat tentang pentingnya administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.Oleh
karena itu, diperlukan adanya
analisis yang lebih mendalam untuk menelaah lebih lanjut tantangan dan peluang
yang ada, baik dari faktor internal maupun eksternal.
Memperhatikan beberapa uraian pada latar belakang di atas, maka sangatlah
menarik untuk diadakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kabupaten Malang dengan judul Laporan PKL sebagai berikut “PENGARUH ANALISIS SWOT TERHADAP
PENINGKATAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN
SIPIL KABUPATEN MALANG”.
1.2
IDENTIFIKASI
DAN PERUMUSAN MASALAH
a.
Identifikasi
Masalahdarilatarbelakang
yang telah di
uraikandiatasmakapenulismengidentifikasikanpermasalahanmelaluipraktekkerjalapangandibagiantata usaha pada Dinas Kependudukan Dan
Pencatatan Sipil Kabupaten Malang sebagaiberikut:
1.
Bagaimana
Standar Pelayanan Publik Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten
Malang
2.
Bagaimana
Kinerja Pelayanan pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten
Malang
3. Bagaimana
Pengaruh Analisis SWOT Terhadap Peningkatan Standar Pelayanan Publik Pada Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang
b.
RUMUSAN MASALAH
1.3 TUJUAN DAN
MANFAAT PENULISAN
a. Tujuan Penulisan
Tujuan utama dari penulisan ini adalah :
1.
Memenuhi persyaratan matakuliah PKL pada
Program Studi S-I Akuntansi.
2.
Mempercepat waktu penyesuaian bagi
lulusan perguruan tinggi dalam memasuki dunia kerja.
3.
Untuk memahamistandar pelayanan publik dan manfaat
Analisis SWOT terhadap peningkatan standar pelayanan publik pada Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang.
b.
Manfaat Penulisan
1. Bagi Mahasiswa
a.
Mahasiswa dapat memperoleh keterampilan
bekerja, didukung dengan kemampuan
mahasiswa untuk lebih berkreasi dan berinovasi pada bidang ilmu yang didapat
dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang secara formal.
b.
Mahasiswa dapat mengetahui mekanisme
kerja pada instansi yang bersangkutan, khususnya dalam meningkatkan kualitas
pelayanan publik.
c.
Untuk dapat menjadikan acuan bagi
mahasiswa yang lain, agar tidak hanya menjadi tenaga terdidik tapi juga
terampil.
d.
Dapat melatih mahasiswa untuk
menganalisis permasalahan riil yang terjadi di lapangan.
2.
Bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Malang (Instansi
Penerima Magang)
a.
Memperoleh
sumbangan pemikiran dan tenaga dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan
Sipil Kabupaten Malang.
b.
Membantu
Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang dalam melaksanakan visi, misi, dan tupoksi,
khususnya dalam hal peningkatan
kinerja pegawai menuju kualitas pelayanan publik yang lebih baik.
Komentar
Posting Komentar