Langsung ke konten utama

MAKALAH: LAPORAN PRAKTEK KERJA NYATA ALTERNATIF

PENGARUH ANALISIS SWOT TERHADAP PENINGKATAN
STANDAR PELAYANAN PUBLIK PADA
DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN MALANG



LAPORAN PRAKTEK KERJA NYATA ALTERNATIF





Oleh:
DINI NORMA HUSNIA
409422421819









JURUSAN AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
2012



PENGARUH ANALISIS SWOT TERHADAP PENINGKATAN
STANDAR PELAYANAN PUBLIK PADA
DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN MALANG



LAPORAN PKL/KKN ALTERNATIF


Diajukan kepada
Universitas Negeri Malang
untuk memenuhi salah satu persyaratan
dalam menyelesaikan program PKL/KKN Alternatif








Oleh
Dini Norma Husnia
409422421819









UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS EKONOMI
PROGRAM STUDI S1 AKUNTANSI
JULI 2012


















LEMBAR PERSETUJUAN


Laporan oleh Dini Norma Husnia
Telah diperiksa dan disetujui untuk diuji



Malang,..................
Pembimbing



Cipto
NIP. 196912182005012001




Mengetahui,
Ketua Jurusan



Dr. Dyah Aju Wardhani, M.Si., Ak
NIP. 196701081999032001



ABSTRAK

Husnia, D. Norma. 2012. Pengaruh Analisis SWOT Terhadap Peningakatan Standar Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang . Laporan Praktek Kerja Lapangan. Jurusan Akuntansi, Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Nurika Restuningdiah SE, M.Si, Ak.

Kata kunci:Analisis SWOT, Standar Pelayanan Publik

            Analisis SWOT(Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats) merupakan instrumen perencanaan strategis yang klasik. Dengan menggunakan kerangka kerja kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman yang dapat digunakan sebagai pembandingan antara faktor internal yang meliputi Strengths danWeaknesses dengan faktor eksternal Opportunities and Threats. Selain itu, Analisis SWOT juga bisa digunakan untuk melakukan perbaikan dan improvisasi dengan mengetahui kelebihan (Strengths, Weaknesses) dan kelemahan (Opportunities and Threats). Maka organisasi dapat melakukan perbaikan diri  dengan meningkatkan kelebihan yang dimiliki untuk meminimalkan kelemahan yang ada.
            Laporan ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara dancatatan lapangan. Sedangkan Analisis data meliputi mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek penelitian ini adalah Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang.
            Berdasarkan Penelitian ini menunjukkan bahwa standarpelayanan publik pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang telah berjalan dengan baik, namun masih terdapat banyak kekurangan yang ditemui diantaranya yaitu keterbatasan jumlah karyawan, sistem teknologi informasi yang kurang memadai, dan kurangnya sosialisasi kepada masyarakat.
            Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu: (1) instansi pemerintah dapat mengembangkan sistem penyelenggaraan Administrasi Kependudukandengan menyiapkan alat dan perangkat yang memadai. (2) Meningkatkan sistem penyimpanan data dan sistem informasi dokumen dengan berbasis teknologi informasi









KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirabbil’aalamin, puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan segala nikmat dan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan magang yang berjudul ”Pengaruh Analisis SWOT Terhadap Peningakatan Standar Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang” dengan baik.
Penyusunan laporan ini tidak lepas dari bantuan, bimbingan, dorongan dan motivasi dari berbagai pihak. Pada kesempatan ini tidak lupa penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu terselesaikannya laporan magang ini diantaranya adalah: 
1.      PAK CIPTO,selaku pembimbing yang telah memberikan pengarahan, dan bimbingan dalam menyelesaikan laporan magang.
2.        Dr. Dyah Aju Wardhani, M.Si. Ak Selaku Ketua Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang yang telah memberikan izin dan kemudahan kepada penulis dalam melaksanakan praktek kerja lapangan.
3.        Prof.Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W, M.A., M.SiSelaku Dekan Fakultas Ekonomi yang telah memberikan izin dan kemudahan kepada penulis dalam melaksanakan praktek kerja lapangan.
4.      Drs. Murdiyanto, yang telah memberikan izin untuk melakukan magang penulis, bimbingan dan arahan sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini.
5.      Seluruh Staf dan Karyawan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malangyang telah membantu memberikan motivasi, kelengkapan data serta semangatnya dalam penyelesaian laporan magang ini.
6.      Keluarga tercinta, Drs. M. Nawawi dan Malikhatul Munadhiroh S.Pd, kakakAdvanti Fitrianida, yang selalu memberikan doa, semangat, dan nasehat sehingga penulis mampu menyelesaikan laporan ini.
7.      Seluruh dosen Akuntansi Universitas Negeri Malang yang telah membagi ilmu dan pengalaman kepada penulis.HAHHhgf
8.      Orang-orang terdekat,Afri Candra Ananta dan sahabat-sahabat picnic serta teman-teman yang tidak dapat disebutkan satu persatu, yang selalu memberikan dukungan dan semangat sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini tepat waktu.
Penulis menyadari bahwa laporan magang ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari berbagai pihak.
Akhirnya penulis mengharap agar laporan magang ini dapat bermanfaat bagi banyak pihak.
                                                                                    Malang,    Juli 2012
Penulis






DAFTAR ISI



ABSTRAK............................................................................................................... i
KATA PENGANTAR.......................................................................................... .. ii
DAFTAR ISI........................................................................................................ . iii
DAFTAR TABEL................................................................................................ . iv
DAFTAR GAMBAR........................................................................................... .. v
DAFTAR LAMPIRAN........................................................................................ . vi
BAB I      PENDAHULUAN
                 1.1  Latar ................................................................................................ 8
                 1.2  Tujuan Penulisan ............................................................................. 6
BAB II    KAJIAN TEORI
                 2.1  Pengertian Asuransi........................................................................ 10
                 2.2  Tujuan Asuransi.............................................................................. 11
                 2.3  Definisi Premi................................................................................. 12
                 2.4  Prinsip-Preinsip Asuransi................................................................ 12
BAB III   PENYAJIAN DATA DAN ANALISA PEMECAHAN MASALAH
                 3.1  Pofil Perusahaan............................................................................ 13
                        3.1.1 Sejarah dan Perkembangan PT. Asuransi Jiwasraya
                                 (Persero)................................................................................ 23
                        3.1.2 Visi dan Misi PT. Asuransi Jiwa Sraya (Persero).................. 24
                        3.1.3 Struktur Organisasi............................................................... 25
                        3.1.4 Jenis-Jenis Produk................................................................. 26
                 3.2  Penyajian Data............................................................................... 13
                 3.3  Analisa Pemecahan Masalah.......................................................... 15
BAB IV   PENUTUP
                 4.1  Kesimpulan..................................................................................... 16
                 4.2  Saran............................................................................................... 17
Daftar Pustaka....................................................................................................... 19
Lampiran................................................................................................................ 19








DAFTAR GAMBAR



3.1  Gambar Struktur Organisasi Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang
3.2  Gambar Flowchart Sistem Penerimaan Premi Asuransi

































DAFTAR LAMPIRAN



1.      Kegiatan PKL
2.      Nilai (Laporan Kinerja Praktek)
3.      Kesediaan Instansi
4.      Foto Kegiatan






















BAB I
PENDAHULUAN

1.1              LatarBelakang
Saat ini data jumlah penduduk Jawa Timur dari hasil proyeksi oleh BPS (Badan Pusat Statistik) yaitu sebesar 37.476.757 jiwa pada tahun 2011. Pertumbuhan penduduk di Kabupaten Malang terbilang pesat, menurut data dari BPS, Kabupaten Malang menempati urutan kedua dengan jumlah penduduk sebesar 2.873.700 Jiwa. Dari jumlah penduduk yang adasemuanya pasti mengalami peristiwa penting kependudukan dan menjadi objek pelayanan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
   Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan instansi pemerintahan yang bergerak dalam bidang pelayanan publik. Pelayanan publik pada dasarnya menyangkut aspek kehidupan yang sangat luas.Pelayanan publik merupakan pemberian layanan yang dilakukan oleh pemerintah sebagai penyelenggara Negara untuk memenuhi kebutuhan masyarakat (publik) sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dari pengertian tersebut pemerintah wajib melayani kebutuhan publik. Dalam kehidupan bernegara, maka pemerintah memiliki fungsi memberikan berbagai pelayanan publik yang diperlukan oleh masyarakat. Berbagai gerakan reformasi publik (public reform) yang dialami negara-negara maju pada awal tahun 1990-an banyak diilhami oleh tekanan masyarakat akan perlunya peningkatan kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah, seperti halnya Dinas  Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang yang berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Malang .
Dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Dinas Kependudukan Dan Pencatatan sipil, diperlukan upaya peningkatan kapasitas SDM, peningkatan sarana dan prasarana, perbaikan kualitas kinerja dan penyempurnaan sistem, serta intensitas koordinasi dan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.Oleh karena itu, diperlukan adanya analisis yang lebih mendalam untuk menelaah lebih lanjut tantangan dan peluang yang ada, baik dari faktor internal maupun eksternal.
Memperhatikan beberapa uraian pada latar belakang di atas, maka sangatlah menarik untuk diadakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang dengan judul Laporan PKL sebagai berikut “PENGARUH ANALISIS SWOT TERHADAP PENINGKATAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MALANG”.

1.2    IDENTIFIKASI DAN PERUMUSAN MASALAH
a.         Identifikasi
Masalahdarilatarbelakang yang telah di uraikandiatasmakapenulismengidentifikasikanpermasalahanmelaluipraktekkerjalapangandibagiantata usaha pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang sebagaiberikut:
1.      Bagaimana Standar Pelayanan Publik Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang
2.      Bagaimana Kinerja Pelayanan pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang
3.      Bagaimana Pengaruh Analisis SWOT Terhadap Peningkatan Standar Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang
b.        RUMUSAN MASALAH

1.3 TUJUAN DAN MANFAAT PENULISAN
a.   Tujuan Penulisan
     Tujuan utama dari penulisan ini adalah :
1.      Memenuhi persyaratan matakuliah PKL pada Program Studi S-I Akuntansi.
2.      Mempercepat waktu penyesuaian bagi lulusan perguruan tinggi dalam memasuki dunia kerja.
3.      Untuk memahamistandar pelayanan publik dan manfaat Analisis SWOT terhadap peningkatan standar pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang.

b.        Manfaat Penulisan
1. Bagi Mahasiswa
a.       Mahasiswa dapat memperoleh keterampilan bekerja, didukung dengan  kemampuan mahasiswa untuk lebih berkreasi dan berinovasi pada bidang ilmu yang didapat dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang secara formal.
b.      Mahasiswa dapat mengetahui mekanisme kerja pada instansi yang bersangkutan, khususnya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.
c.       Untuk dapat menjadikan acuan bagi mahasiswa yang lain, agar tidak hanya menjadi tenaga terdidik tapi juga terampil.
d.      Dapat melatih mahasiswa untuk menganalisis permasalahan riil yang terjadi di lapangan.

2. Bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang (Instansi Penerima Magang)
a.       Memperoleh sumbangan pemikiran dan tenaga dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang.
b.      Membantu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang dalam melaksanakan visi, misi, dan tupoksi, khususnya dalam hal peningkatan kinerja pegawai menuju kualitas pelayanan publik yang lebih baik.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

LANGKAH-LANGKAH, PANDUAN, CARA MENGKRITISI ARTIKEL DAN KRITIK JURNAL

Panduan ini perlu latihan dan latihan agar supaya lebih kritis dan efisien dalam mengkritik sebuah artikel. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut: A.    Tahap Pengumpulan Informasi Awal Pada tahap awal ini, perlu dikumpulkan informasi-informasi yang paling mendasar pada sebuah artikel penelitian ilmiah, seperti 1.    Nama penulis 2.    Judul artikel 3.    Nama jurnal, nomor volume, tanggal, bulan dan nomor halaman 4.    Tujuan penelitian 5.    Hasil/ temuan utama 6.    Kesimpulan umum B.    Tahap Pemberian Kritik Pada tahap pengkritikan sebuah artikel ilmiah, hal yang terpenting adalah kualitas opini pengkritik atas artikel tersebut. Sebelum mulai mengkritik, terlebih dahulu membaca keseluruhan artikel guna mendapatkan gambaran atas isi artikel. Kemudian baca kembali dan mulailah menganalisa dan mengkritik, pada tahapa ini diperlukan lembar catatan a...

CONTOH SOAL LKS AKUNTANSI

                                                            1. The right of owners in a business is......    A. Assets                   D. Revenue    B. Liabilities              E. Expenses    C. Owner’s equity 2.          A list of assets,........., and owner’s equity of a business entity as of a spesific date is called balance sheets.    A. Assets                   D. ...

DEFINISI TEKNIK PEMBELAJARAN MENURUT PARA AHLI

Definisi Teknik Menurut Para Ahli       Gerlach dan Ely (Hamzah B Uno, 2009:2). Teknik adalah jalan, alat, atau media yang digunakan oleh guru untuk mengarahkan kegiatan peserta didik kearah tujuan yang ingin dicapai.       Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005:1158). Teknik diartikan sebagai metode atau sistem mengerjakan sesuatu, cara membuat atau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan seni.       Al Khazin (2010). Teknik pembelajaran dapat diatikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.       Cecep (2008). Teknik adalah cara kongkret yang dipakai saat proses pembelajaran berlangsung.        Kamus Dewan (Edisi ketiga). Teknik adalah kaedah mencipta sesuatu hasil seni seperti muzik, karang-mengarang dan sebagainya.       Edward M. An...