Langsung ke konten utama

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI::BAB 11-BERBAGAI RISIKO YANG BERKAITAN DENGAN IMPLEMENTASI ERP


BERBAGAI RISIKO YANG BERKAITAN DENGAN IMPLEMENTASI  ERP
Implementasi Big Bang Versus Bertahap
Mengimplementasikan sistem ERP lebih banyak berkaitan dengan mengubah cara perusahaan menjalankan bisnisnya, dari pada dengan teknologinya. Akibatnya, kebanyakan kegagalan implementasi ERP disebabkan oleh berbagai masalah budaya dalam perusahaan yang berlawanan dengan tujuan dari rekayasa ulang proses. Berbagai strategi untuk mengimplementasikan sistem ERP untuk mencapai tujuan ini mengikuti dua pendekatan umum: pendekatan big bang dan pengenalan.
            Metode big bang adalah metode yang paling ambisius dan beresiko di antara kedua metode tersebut. Karena sistem ERP yang baru berarti cara baru untuk menjalankan bisnis, membuat seluruh perusahaan melaksanakannya dan menyesuaikan diri dengannya dapat menjadi tugas yang sangat berat. Dalam banyak kondisi, sistem ERP tidak memiliki kisaran fungsionalitis  ataupun dikenal seperti sistem warisan yang digantikannya. Selain itu, karena kini hanya ada sebuah sistem  yang melayani seluruh perusahaan, orang-orang di bagian input data sering kali harus memasukkan lebih banyak data daripada  yang sebelumnya mereka lakukan dengan sistem warisan yang lebih terbatas fokusnya. Akibatnya, kecepatan sistem baru sering kali akan terganggu, menyebabkan banyak gangguan akibat operasi harian. Berbagai masalah ini biasanya di alami ketika sitem baru di implementasikan.
            Kareneaadanya berbagai gangguan yang dihubungkan dengan letode big bang, pendekatan pengenalan (phased-in) berkembang menjadi alternatif yang populer. Metode ini terutama sesuai untuk perusahaan terdirivikasi dengan berbagai unitnya tidak berbagi proses dan data yang sama.
            Perusahaan yang tidak terdirivikasi juga dapat menggunakan pendekatan bertahap. Implementasinya biasanya dimulai dengan satu atau lebih proses pengetikan, seperti entri pesanan. Tujuannya adalah untuk membuat ERP menyala dan jalan secara bersamaan dengan sistem warisan.

Penolakan Perubahan Budaya Perusahaan
            kesediaan perusahaan dan kemampuannya untuk melakukan perubahan dalam implementasi ERP adalah pertimbangan yang penting. Jika budaya perusahaan telah sedemikian rupa hingga perubahan tidak dapat di toleransi atau diinginkan, maka implmentasi ERP tidak akan berhasil .
Perusahaan yang kekurangan dukungan dari staf teknologi untuk sistem yang baru tersebut, atau memiliki basis pengguna yang tidak mengenal dengan baik teknologi komputer, akan mengalami kurva pembelajaran yang sangat curam dan berpotensi menimbulkan hambatan penerimaan yang lebih besar atas sistem tersebut dari para karyawannya.
Memilih ERP Yang Salah
            Alasan umum atas kegagalan sistem adalah ERP tidak mendukung salah satu atau lebih proses bisnis yang penting.
1.      Kesesuaian
Pihak manajemen harus memastikan bahwa ERP yang dipilih benar atau perusahaan. Tidak ada sebuah sistem ERP yang  mampu mengatasi semua masalah di semua perusahaan. Menetukan kesesuaian fungsi yang baik membutuhkan proses pemilihan peranti lunak yang menyerupai terowongan, yang dimulai dengan luas yang besar dan secara sistematis akan menjadi makin sempit. Proses ini dimulai dengan sejumlah besar pemasok peranti lunak yang merupakan kandidat potensial. Jika potensi bisnis benar –benar unik, sistem ERP harus dimodifikasi  agar dapat mengakomodsi peranti lunak yang terkait dangan industri atau dapat bekerja  dengan sistem warisan yang  dibuat secara khusus . beberapa perusahaan seperti penyedia layanan telekomunikasi, memiliki operasi penagihan yang unik dan tidak dapat dipenuhi oleh sistem ERP siap pakai. Sebelum memakai perjalanan mencari ERP, pihak menejemen perusahaan perlu menilai apakah perusahaan dapat dan harus merekayasa ulang berbagai praktik bisnisnya sesuai model terstandardisasi tersebut.
2.      Isu skalabilitas sistem
Skalabilitas adalah kemampuan sistem untuk berkembang dengan lancar dan ekonomis ketika kebutuhan pengguna meningkat. Istilah sistem dalam konteks ini merujuk pada platfrom teknologi, peranti lunak aplikasi, konfigurasi jaringan, atau basis data. Kebutuhan pengguna berkaitan dengan aktivitas yang berkaitan dengan volume, seperti volume pemrosesan transaksi, volume entri data, volume output data, volume penyimpanan data, atau peningkatan populasi pengguna. Dalam menilai kebutuhan ukuran untuk sebuah perusahaan, tiap dimensi tersebut dalam hal pengukuran linear yang ideal harus dipertimbangkan
Ukuran : jika tidak ada perubahan lain atas sistem, dan ukura basis data meningkat sebesar X , maka waktu respons untuk  query akn meningkat tidak lebih dari sebesar faktor X dalam sistem yang dapat diukur.
Kecepatan : peningkatan dalam kapasitas peranti keras sebesar faktor X akan menurunkan waktu respons query sebesar tidak kurang dari faktor X dalam sistem yang dapat diukur
Beban kerja: jika beban kerja dalam sistem yang dapat diukur meningkat sebesar faktor X, maka waktu respons dapat di pertahakan dengan meningkatkan kapasitas peranti keras sebesar faktor yang tidak lebih besar dari X
Beberapa sistemdapat diukur dalam hal sediannya akses yang lebih efesien ke berbagai basis data besar ketika permintaan dalam bisnis berkembang.

Memilih Konsultan Yang Salah
            Keberhaislan dari berbagai proyek ERP tergantung pada kehalian dan pengalaman yang biasanya tidak dimiliki secara internal. Maka sebabnya ,maka implementasi ERP melibatkan kantor konsultant luar
            Kantor konsultant yang telah mempraktikan ERP, kadang-kadang juga sangat kekurangan sumber daya manusia. Hal ini terjadi terutama pada pertengahan hingah akhir tahun 1990/an, ketika  ribuan klien berlomba-lomba untuk mengimplementasikan ERP sebelum milenium baru untuk menghindari masalah Y2K.
            Keluhan yang sering di temui dalah banyak kantor konsultan menjanjikan profesional yang berpengalaman, tetapi kenyataanya mengirim trainee. Kantor-kantor tersebut mengunakan pendekatan umpan dan alihkan (bait-and- switch) untuk mendapatkan kontrak.
            Beberapa mengatakan bahwa kantor konsultant , yang tidak ingin menolak bisnis, bersalah karena menawarkan staf konsultannya  ke banyak perusahaan dari pada seharusnya. Oleh karenanya, sebelum melibatkan konsulltan luar, pihak menegemen harus : 
·         Melakukan wawancara dengan para staf yang akan dilibatkan dalam prroyek tersebut dan membuat kontrak draft secara terperinci, yang mengspesifikasikan angota tim konsultan mana saja  yang akan ditugaskan serta untuk pekerjaan apa.
·         Menulisakan bagaimana perubahan staf yang akan di tangani
·         Menyelaraskan kepentingan konsultan dengna kepentingan perusahaan melalui negosiasi untuk skema pembayaran berdasarkan kinerja, yang didasarkan pada pencapaian berbagai tahapan penting dalam proyek tersebut.
·          Menetapkan tanggal penggentian yang pasti bagi konsultan terkait untuk menghindari perjanjian dengan konsultan menjadi berkepanjangan, hingga mengakibatkan ketergantungan aliran biaya yang tidak berakhir.
Biaya Tinggi Dan Kelebihan Biaya
            Biaya kepemilikan total (total cost ownership), sistem ERP sangat berbeda-beda dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Untuk implementasi sistem berukuran menengah hingga besar, biaya berkisar dari ratusan ribu hingga ratusan juta dollar. Resiko akan dianggap sebagai biaya yang tidak diperhitungkan dan belum diperkirakan. Beberapa dari masalah yang umumnya dialami terjadi dalam berbagai area berikut ini:
·         Pelatihan
Biaya pelatihan selalu lebih tinggi daripada yang diperkirakan karena pihak manajemen terutama hanya fokus pada biaya mengajari para karyawan mengenai peranti lunak
yang baru tersebut.
·         Pengujian dan integrasi sistem
ERP adalah model holistis (menyuruh) dengan sebuah sistem mengendalikan seluruh perusahaan, secara teoritis.
·         Konversi basis data
Sistem ERP yang baru berarti basis data yang baru. Konversi basis data adalah proses mentransfer data dari file datar sistem warisan ke dalam basis data relasional ERP.
1.      Mengembangkan ukuran kinerja
Untuk menilai berbagai manfaat ERP, pihak menejemen pertama-tama harus mengetahui apa yang diinginkan dan yang dibutuhkan dari ERP tersebut. Pihak management dapat membuat ukuran kinerja utama seperti pengurangan tingkat persediaan, perputaran persediaan, kehabisan barang persediaan, dan rata-rata pemenuhan pesanan yang mencerminkan harapan pihak management. Untuk memonitor kinerja di beragai  area penting tersebut, beberapa perusahaan membentuk kelompok nilai Independent yang bertanggungjawab langsung kepihak management puncak.

Gangguan Terhadap Operasi
Sistem ERP dapat menimbulkan kehancuran bagi perisahaan yang menginstalisasinya. Dalam survey Deloitte Consulting atas 64 perusahaan Fortune 500, 25 persen perusahaan yang disurvey mengakui bahwa perusahaa-perusahaan tesebut mengalami penurunan kinerja dalam periode tepat dalam implementasi.
Sebagai masalah Harshey berkaitan dengan dua kesalahan strategus yang berhubungan dengan Implementasi sistem. Pertama, karena melewati jadwal, perusahaan tersebut memutuskan untuk berganti kesistem yang baru dalam ramai perusahaan. Kesuliatan yang tidak dapat dihindari akibat Implementasi sistem yang rumit seperti SAP R/3 akan lebih mudah untuk ditangani dalam periode bisnis yanh tidak terlalu sibuk. Kedua, banyak ahli merasa Harshey mencoba untuk melakukan terlalu banyak hal dalam 1 kali Implementasi

IMPLIKASI ATAS PENGENDALIAN INTERNAL DAN AUDIT
Otorisasi Transaksi
Manfaat utama dari sistem ERP adalah berbagai arsitektur modulnya yang sangat terintregasi. Jika prosedur mengenai pembuatan daftar  perincian bahan baku tidak dikonfigurasikan dengan benar, setiap komponen yang menggunakan daftar perincian bahan baku tersebut dapat terpengaruh. Perlu dibuat pengendalian dalam sistem tersebut untuk memvalidasi berbagai transaksi sebelum diterima dan ditidaklanjuti oleh modulnya.
PEMISAHAN PEKERJAAN
Berbagai proses manual yang biasanya membutuhjan pemisahan pekerjaan sering kali ditiadakan pada lingkungan ERP. Untuk membantu mengatasi masalah pemisahan pekerjaan,SAP,sebuah sistem ERP terkemuka, menggunakan teknik konfigurasi yang disebut peran pengguna.  Tiap peran dihubungkan dengan rangkaian aktivitas tertentu yang ditugaskan keseorang pengguna sah ERP. Administrasi sistem menugaskan peran para pengguna sisitem ketika sistem dikonfigurasikan.
Supervisi
Para supervisor perlu mendapatkan pemahaman teknis dan operasional yang ekstensif atas sistem baru tersebut, karena para tradisional mereka akan berubah. Biasanya, ketika perusahaan mengimplementasikan ERP, banyak tanggung jawab pengedalian keputusan diberikan ke bawah hingga ke tingkat pabrik. Filosofi pemberdayaan karyawan ERP seharusnya jangan meniadakan supervisi sebagai pengadilan internal.
Catatan Akuntansi
            Sistem ERP memiliki kemampuan untuk menggabungkan proses pelaporan keuangan secara keseluruhan. Meskipun ada teknologi ERP, resiko akurasi catatan akuntansi masih bisa terjadi. Karena antarmuka yang dekat dengan para pelanggan dan pemasok data yang rusak atau tidak akurat bisa lolos dari berbagai sumber eksternal tersebut sehingga merusak basis data akuntansi perusahaan.
Pengendalian Akses
            Tujuan dari keamanan sistem ini adalah memberikan kerahasiaan, intergritas, dan ketersediaan informasi yang dibutuhkan. Kelemahan dalam keamanan dapat mengakibatkan pengungkapan rahasia usaha ke para pesaing, dan akses lain yang tidak sah. Resolusi yang masuk akal bagi berbagai pandangan yang berlawanan ini adalah memberikan batas keamanan untuk data dengan berdasarkan penilaian resiko.
1.      Akses ke gudang data
Pengendalian akses adalah fitur yang sangat penting dari gudang data yang digunakan bersama para pelanggan dan pemasok. Perusahaan harus membuat berbagai prosedur untuk mengawasi otorisasi berbagai orang di lokasi pelanggan dan pemasok yang akan diberikan akses ke gudang datanya. Alat audit untuk diteksi pelanggaran tersedia untuk membantu mengurang resiko keamanan. Audit secara berkala harus meliputi penilaian resiko dan tinjauan ulang atas tingkat akses yang diberikan untuk pengguna internal dan eksternal berdasarkan deskripsi pekerjaanya.
2.      Perencanaan kontinjensi
Selain keamanan akses, rencana kontinjensi yang terperinci harus dikembangkan untuk operasi komputer dan bisnis, dan dapat dilaksankan dengan cepat ketika terjadi bencana. Rencana ini perlu dikembangkan sebelum pergantian ke sistem ERP yang baru. Hal lain yang berkaitan dengan rencana ini adalah perlunya prosedur pembuatan cadangan jika terjadi kegagalan server. Kegagalan server dalam model perusahaan ini dapat menyebabkan seluruh perusahaan tidak dapat memproses berbagai transaksi. Untuk mengedalikan kejadian ini, dua server yang saling terhubung dapat dikoneksikan dalam modem pembuatan cadangan yang redundan.
3.      Verivikasi independen
ERP menggunakan OLTP , pengendalian vervikasi tradisional yang independen, seperti rekonsiliasi angka pengendali batch menjadi tidak berarti. Begitu pula rekayasa ulang ptoses untuk meningkatkan efisiensi juga mengubah sifat dari vervikasi independen. Fokus verivikasi independen perlu diarahkan ulang dari tingkat transaksi ke tingkat yang melihat kinerja secara keseluruhan.  Usaha verivikasi independen yang terus menerus berjalan hanya dapat dilakukan oleh sebuah tim yang berkeahlian tinggi dalam teknolofi ERP.
Audit Gudang Data
            Sebagai bagian dari audit sistem informasi, auditor mendesain sebuah prosedur untuk mengumpulkan bukti yang berkaitan dengan berbagai pernyataan pihak manajemen, yang berkaitan dengan laporan keuangan perusahaan. Sebagai bagian dari prosedur ini, auditor sering kali melakukan tinjauan analitis (analytical review) atas berbagai saldo akun untuk mengidentifikasi hubungan antara berbagai akun dan risiko yang jika tidak di anallisis tidak akan terlihat.
            Banyaknya jumlah data yang berada dalam gudang data adalah sumber yang sempurna untuk melakukan analisis rangkaian waktu (time-series) dan rasio. Dalam hal siklus pendapatan, tinjauan analisis akan memberikan auditor perspektif umum atas berbagai trend dalam penjualan, penerimaan kas, pengembalian penjualan, dan piutang usaha. Contohnya, auditor dapat membandingkan penjualan yang dilaporkan untuk triwulan tertentu dengan periode yang sama di tahun-tahun sebelumnya. Prosedur audit lainnya yang berguna untuk mengidentifikasi berbagai potensi resiko audit melibatkan pemindaian ribuan atau bahkan jutaan record untuk mencari transaksi yang tidak biasa dan saldo akun yang abnormal. Dalam hal siklus pengeluaran, tinjauan analitis dapat memberikan auditor perspektif umum atas berbagai tren dalam utang usaha dan berbagai  biaya lain yang terkait.
            Auditor dapat menggunakan berbagai teknik penggalian untuk mengidentifikasi aktivitas berbisnis tingkat yang sangat tinggi dengan pemasok tertentu. Pembelian berlebihan dari salah satu pemasok dapat mewujudkan ketergantungan bisnis yang tidak normal, dan dapat membahayakan perusahaan jika pemasok tersebut menaikkan harga atau tidak dapat mengirim secara tepat waktu. Pembelian tersebut juga dapat menandai adanya hubungan penipuan melibatkan penyuapan ke para personel pembelian atau pihak manajemen lainnya.
            Pembersihan data adalah tahap yang penting dalam pemeliharaan gudang data agar gudang data dapat berguna sebagai alat OLAP, maka gudang data bebas dari kontaminasi. Auditor harus hati-hati dengan keyakinan atas sumber ini. Karena gudang dat aberada dalam kondisi yang asli secara buatan, maka gudang data mungkin bukan merupakan pengganti yang sesuai untuk basis data operasional ketika menilai pengujian pengendalian proses dan melakukan pengujian subtantif.
SOAL
1.      APAKAH TUJUAN DARI IMPLEMENTASI YANG DIMULAI DENGAN SATU ATAU LEBIH PROSES PENGETIKAN?(HALAMAN 151)
TUJUANNYA ADALAH UNTUK MEMBUAT ERP MENYALA DAN JALAN SECARA BERSAMAAN DENGAN SISTEM WARISAN.
2.      APAKAH KELUHAN YANG SERING DITEMUI JIKA BANYAK PROYEK YANG GAGAL?(HALAMAN 154)
KELUHAN YANG SERING DI TEMUI ADALAH BANYAK KANTOR KONSULTAN YANG MENJANJIKAN
3.      APAKAH YANG DIPENGARUHI OLEH JUMLAH PENGGANJIAN SUBSTANTIF?(HALAMAN 161)
DIPENGARUHI OLEH KUALITAS PENGENDALIAN INTERNAL
4.      APAKAH PENDEKATAN YANG MEMUNGKINKAN UNTUK MENGINSTALASI SERVER REGIONAL?(HALAMAN 161)
PENDEKATAN YANG MENGINSTALASI IALAH PEMROSESAN SECARA INDEPENDEN DAN PENYEBARAN RESIKO YANG BERKAITAN DENGAN KEGAGALAN SERVER
5.      APA ALASAN UMUM ATAS KEGAGALAN SISTEM ERP?(HALAMAN 151)
ALASANNYA ERP TIDAK MENDUKUNG SALAH SATU ATAU LEBIH PROSES BISNIS YANG PENTING


Komentar

Postingan populer dari blog ini

LANGKAH-LANGKAH, PANDUAN, CARA MENGKRITISI ARTIKEL DAN KRITIK JURNAL

Panduan ini perlu latihan dan latihan agar supaya lebih kritis dan efisien dalam mengkritik sebuah artikel. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut: A.    Tahap Pengumpulan Informasi Awal Pada tahap awal ini, perlu dikumpulkan informasi-informasi yang paling mendasar pada sebuah artikel penelitian ilmiah, seperti 1.    Nama penulis 2.    Judul artikel 3.    Nama jurnal, nomor volume, tanggal, bulan dan nomor halaman 4.    Tujuan penelitian 5.    Hasil/ temuan utama 6.    Kesimpulan umum B.    Tahap Pemberian Kritik Pada tahap pengkritikan sebuah artikel ilmiah, hal yang terpenting adalah kualitas opini pengkritik atas artikel tersebut. Sebelum mulai mengkritik, terlebih dahulu membaca keseluruhan artikel guna mendapatkan gambaran atas isi artikel. Kemudian baca kembali dan mulailah menganalisa dan mengkritik, pada tahapa ini diperlukan lembar catatan atas point point kritikan. Beberapa pertanyaan dibawah ini dapat menjadi acuan dalam mengkritik sebuah artikel ilmiah,

DEFINISI TEKNIK PEMBELAJARAN MENURUT PARA AHLI

Definisi Teknik Menurut Para Ahli       Gerlach dan Ely (Hamzah B Uno, 2009:2). Teknik adalah jalan, alat, atau media yang digunakan oleh guru untuk mengarahkan kegiatan peserta didik kearah tujuan yang ingin dicapai.       Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005:1158). Teknik diartikan sebagai metode atau sistem mengerjakan sesuatu, cara membuat atau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan seni.       Al Khazin (2010). Teknik pembelajaran dapat diatikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.       Cecep (2008). Teknik adalah cara kongkret yang dipakai saat proses pembelajaran berlangsung.        Kamus Dewan (Edisi ketiga). Teknik adalah kaedah mencipta sesuatu hasil seni seperti muzik, karang-mengarang dan sebagainya.       Edward M. Anthony Teknik adalah satu muslihat atau strategi atau taktik yang digunakan oleh guru yang mencapai hasl segera yang maksimum pada waktu mengajar sesuatu b

DUNIA PENDIDIKAN : PENGERTIAN PENGANTAR PENDIDIKAN

Pengantar Ilmu Pendidikan Seorang calon pendidik atau guru harus dapat menjelaskan dengan benar tentang apa yang dimaksud pendidikan agar mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin. Jawaban yang benar tentang pendidikan tersebut dapat diperoleh melalui pemahaman terhadap unsur-unsurnya, konsep dasar yang melandasinya, dan wujud dari pendidikan sebagi sistem. Oleh karena itu pengantar ilmu pendidikan sangatlah di perlukan. Ada beraneka ragam, dan kandungannya berbeda yang satu dari yang lain mengenai definisi menurut para ahli yaitu : 1. Pendidikan sebagai Proses transformasi Budaya 2. Pendidikan sebagai Proses Pembentukan Pribadi 3. Pendidikan sebagai Proses Penyiapan Warganegara 4. Pendidikan sebagai Penyiapan Tenaga Kerja 5. Pendidikan sebagai pembentukan pembangunan bangsa