Langsung ke konten utama

ANALISIS SWOT DAN PENGARUHNYA TERHADAP BISNIS

Analisa SWOT
Pada umumnya suatu unit bisnis dalam menjalankan kegiatannya harus terlebih dahulu memantau lingkungannya, yaitu baik potensi lingkungan makro yang terdiri atas demografi, ekonomi, social-budaya, politik-hukum, dan teknologi maupun pelaku lingkungan mikro utama yang terdiri atas pelanggan, pesaing, saluran distribusi dan supplier.
Suatu unit bisnis juga harus peka dalam membaca perubahan dan kecenderungan perkembangan pasar, hal ini dimaksudkan agar suatu unit bisnis dapat melihat peluang baru yang terdapat dalam pasar dimana perusahaan dapat beroperasi secara menguntungkan dan mengantisipasi setiap ancaman baru yang terjadi dalam lingkungan usahanya.


Pada dasarnya peluang dapat dikategorikan menjadi dua yaitu menurut daya tariknya, dan kemungkinan keberhasilannya. Kemungkinan keberhasilan perusahaan bergantung pada kekuatan bisnisnya yang tidak hanya harus sesuai dengan persyaratan di sasaran pasar tersebut tetapi juga harus lebih unggul dari para pesaingnya. Perusahaan yang paling berhasil tentunya adalah perusahaan yang dapat menciptakan nilai pelanggan tertinggi dan mempertahankannya dalam jangka panjang. Misalnya dewasa ini semakin banyak pabrikan-pabrikan segar yang mulai tumbuh dan mulai mencari partner dalam melakukan distribusinya, dan keadaan ini menjadi suatu peluang baru bagi para pelaku pengusaha distribusi.
Ancaman lingkungan adalah tantangan akibat kecenderungan yang kurang menguntungkan, yang akan mengurangi penjualan dan laba. Sebagai contoh yaitu regulasi-regulasi baru yang mulai berlaku pada era pasar bebas ini, para pedagang dan produsen lokal kesulitan memerangi produk luar negeri yang mulai membanjiri pasar, dimana produk-produk tersebut memiliki kualitas lebih baik dan harga jauh lebih rendah. Hal tersebut jelas menggambarkan suatu ancaman yang harus dihadapi oleh para pengusaha lokal di Indonesia. Maka ancaman harus selalu diidentifikasi sedini mungkin, dan bila manajemen telah berhasil melakukan identifikasi ancaman dan peluang utama yang dihadapi oleh unit bisnis tertentu, kita dapat menguraikan sifat daya tarik unit bisnis itu secara keseluruhan, dan ada empat uraian yang mungkin terjadi yaitu bisnis yang ideal (bisnis yang memiliki peluang utama yang besar dan ancaman utama yang kecil), bisnis yang spekulatif (bisnis yang memiliki peluang dan ancaman utama yang besar), bisnis yang matang (bisnis yang memiliki peluang dan ancaman utamanya kecil), serta bisnis yang bermasalah (bisnis yang berpeluang kecil dan memiliki ancaman yang besar).
Disamping membaca peluang-peluang yang terdapat dalam pasar, suatu unit bisnis juga harus memiliki keahlian yang dibutuhkan agar dapat berhasil menangkap peluang tersebut, dan evaluasi terhadap kekuatan dan kelemahan suatu unit bisni harus dilakukan secara periodik, yaitu baik dengan mengkaji kemampuan pemasaran, keuangan, produksi, organisasi, dan seluruh factor-faktor yang terdapat dalam unit bisnis tersebut. Sehingga dari setiap faktor dapat ditarik dan dilakukan analisa apakah faktor tersebut merupakan kekuatan utama, kekuatan kecil, faktor netral, kelemahan kecil atau kelemahan utama. Contohnya dalam sebuah bisnis distribusi, suatu produk baru agar dapat dikenal dan menyebar dengan merata di pasaran harus menggunakan tim distribusi yang banyak pula, dan perlakuan distribusi pun tidak sama dengan produk lama yang sudah dikenal di masyarakat dimana salah satu perbedaannya adalah produk baru harus didistribusikan dengan menyampaikan barang secara langsung kepada pengecer maupun grosir dan ini menjadi suatu kelemahan yang sangat terlihat karena memakan biaya dan waktu operasional yang besar.

Implikasi Etika dan Tanggung Jawab Sosial Bisnis
Setelah analisa SWOT dilakukan, suatu unit bisnis dapat mengembangkan perumusan sasaran yang mendeskripsikan tujuan-tujuannya yang lebih spesifik. Sebagian besar unit bisnis memiliki berbagai tujuan yang tercampur dalam segi laba, pertumbuhan penjualan, peningkatan pasar, pembatasan resiko, serta reputasinya.
Tujuan unit bisnis memang harus diurutkan secara hierarkis, dari yang paling penting sampai yang tidak terlalu penting. Dalam pelaksanaan dan pencapaian tujuannya, suatu unit bisnis terarah dalam menerapkan prilaku yang dapat berefek pada respon anggota bisnis maupun respon pasar terhadap unit bisnis tersebut, dan penerapan prilaku tersebut mengacu pada dasar etika.
Penerapan etika dalam bisnis juga dapat berpengaruh sampai ke tingkat individual, maka sangat penting bagi para pelaku bisnis untuk mengkondisikan perusahaannya sehingga terjaga keseimbangan hubungan antara para anggota, pemegang saham, masyarakat dan para penetap regulasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LANGKAH-LANGKAH, PANDUAN, CARA MENGKRITISI ARTIKEL DAN KRITIK JURNAL

Panduan ini perlu latihan dan latihan agar supaya lebih kritis dan efisien dalam mengkritik sebuah artikel. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut: A.    Tahap Pengumpulan Informasi Awal Pada tahap awal ini, perlu dikumpulkan informasi-informasi yang paling mendasar pada sebuah artikel penelitian ilmiah, seperti 1.    Nama penulis 2.    Judul artikel 3.    Nama jurnal, nomor volume, tanggal, bulan dan nomor halaman 4.    Tujuan penelitian 5.    Hasil/ temuan utama 6.    Kesimpulan umum B.    Tahap Pemberian Kritik Pada tahap pengkritikan sebuah artikel ilmiah, hal yang terpenting adalah kualitas opini pengkritik atas artikel tersebut. Sebelum mulai mengkritik, terlebih dahulu membaca keseluruhan artikel guna mendapatkan gambaran atas isi artikel. Kemudian baca kembali dan mulailah menganalisa dan mengkritik, pada tahapa ini diperlukan lembar catatan atas point point kritikan. Beberapa pertanyaan dibawah ini dapat menjadi acuan dalam mengkritik sebuah artikel ilmiah,

DEFINISI TEKNIK PEMBELAJARAN MENURUT PARA AHLI

Definisi Teknik Menurut Para Ahli       Gerlach dan Ely (Hamzah B Uno, 2009:2). Teknik adalah jalan, alat, atau media yang digunakan oleh guru untuk mengarahkan kegiatan peserta didik kearah tujuan yang ingin dicapai.       Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005:1158). Teknik diartikan sebagai metode atau sistem mengerjakan sesuatu, cara membuat atau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan seni.       Al Khazin (2010). Teknik pembelajaran dapat diatikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.       Cecep (2008). Teknik adalah cara kongkret yang dipakai saat proses pembelajaran berlangsung.        Kamus Dewan (Edisi ketiga). Teknik adalah kaedah mencipta sesuatu hasil seni seperti muzik, karang-mengarang dan sebagainya.       Edward M. Anthony Teknik adalah satu muslihat atau strategi atau taktik yang digunakan oleh guru yang mencapai hasl segera yang maksimum pada waktu mengajar sesuatu b

DUNIA PENDIDIKAN : PENGERTIAN PENGANTAR PENDIDIKAN

Pengantar Ilmu Pendidikan Seorang calon pendidik atau guru harus dapat menjelaskan dengan benar tentang apa yang dimaksud pendidikan agar mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin. Jawaban yang benar tentang pendidikan tersebut dapat diperoleh melalui pemahaman terhadap unsur-unsurnya, konsep dasar yang melandasinya, dan wujud dari pendidikan sebagi sistem. Oleh karena itu pengantar ilmu pendidikan sangatlah di perlukan. Ada beraneka ragam, dan kandungannya berbeda yang satu dari yang lain mengenai definisi menurut para ahli yaitu : 1. Pendidikan sebagai Proses transformasi Budaya 2. Pendidikan sebagai Proses Pembentukan Pribadi 3. Pendidikan sebagai Proses Penyiapan Warganegara 4. Pendidikan sebagai Penyiapan Tenaga Kerja 5. Pendidikan sebagai pembentukan pembangunan bangsa