Langsung ke konten utama

MEMAHAMI STRATEGI BISNIS

MEMAHAMI STRATEGI
TUJUAN PERUSAHAAN
A.      Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba (laba jangka panjang)
ROI =  ((Pendapatan - Beban) : Pendapatan) x (pendapatan : investasi)
B.      Memaksimalkan nilai pemegang saham atau menaikkan harga pasar saham perusahaan
C.      Risiko meningkatkan profitabilitas sangat dipengaruhi oleh kemauan pihak manajemen untuk mengambil risiko
D.      Pendekatan banyak stakeholder sistem pengendalian manajemen harus mengidentifikasi tujuan-tujuan pemegang saham, konsumen, para pegawai, para pemasok dan masyarakat dan mengembangkan sistem penilaian untuk menilai kinerja mereka
KONSEP STRATEGI
Strategi mendiskripsikan arah umum yang akan dituju suatu organisasi untuk mencapai tujuannya. Perusahaan mengembangkan strateginya dengan mencocokkan kompetensi intinya dengan peluang industri. Strategi dapat ditemukan dalam dua tingkatan yaitu strategi untuk organisasi keseluruhan dan strategi untuk unit bisnis dalam organisasi, meski begitu tetap ada kebutuhan yang jelas untuk konsistensi di antara keduanya.
STRATEGI TINGKAT KORPORAT
Strategi korporat untuk menjawab pertanyaan di mana sebaiknya bersaing yang merupakan strategi unit bisnis. Analisis strategi tingkat korporat menghasilkan keputusan yang melibatkan bisnis yang akan ditambah, dipertahankan, dikurangi perhatiannya, atau didivestasi (dijual).
Klasifikasi perusahaan berdasarkan strategi tingkat korporat :
1.       Perusahaan dengan industri tunggal beroperasi dalam satu lini bisnis
2.       Perusahaan dengan diversifikasi yang berhubungan beroperasi dalam beberapa industri dan unit-unit bisnis tersebut memperoleh manfaat dari seperangkat kompetensi inti yang umum
3.       Perusahaan dengan bisnis yang tidak berhubungan dengan beroperasi dalam bisnis yang tidak saling berhubungan satu sama lain, hubungan antara unit-unit bisnis bersifat murni finansial dan mengacu pada hubungan sinergi operasi lintas unit bisnis
Kompetensi inti dan diversifikasi korporat
Kompetensi inti adalah kemampuan yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai kinerja yang lebih tinggi dan menambah nilai signifikan bagi pelanggan oleh karena itu pertumbuhan berbasis kompetensi dan diversifikasi mempunyai potensi untuk berhasil.
STRATEGI UNIT BISNIS
Strategi unit bisnis berkenaan dengan bagaimana menciptakan dan memelihara keunggulan kompetitif dalam masing-masing industri. Strategi unit bisnis bergantung pada :
1.       Misi unit bisnis  untuk mengembangkan misi ini digunakan model :
a.       Bangun yaitu menambah pangsa pasar bahkan dengan mengorbankan laba jangka pendek dan arus kas
b.      Pertahankan yaitu perlindungan pangsa pasar unit bisnis dan posisi persaingan
c.       Panen : memaksimalkan laba jangka pendek dan arus kas bahkan dengan mengorbankan pangsa pasar
d.      Divestasi yaitu suatu keputusan untuk mundur dari bisnis melalui proses likuidasi perlahan-lahan atau penjualan segera
2.       Keunggunlan kompetitif
a.       Analisis industri
struktur industri harus dianalisis terkait dengan kekuatan kolektif dari lima kekuatan
persaingan yaitu :
-          Intensitas persaingan di antara para pesaing yang ada
-          Daya tawar pelanggan
-          Daya tawar pemasok
-          Ancaman dari barang subtitusi
-          Ancaman pendatang baru y`ng masuk industri
Observasi yang dibuat sehubungan dengan analisis industri :
-          Semakin kuat lima kekuatan tersebut, semakin rendah kemungkinan profitabilitas industri tersebut
-          Masalah strategis kunci yang dihadapi oleh unit bisnis tersebut akan berbeda dengan industri lain
-          Memahami hakikat setiap kekuatan membantu perusahaan untuk merumuskan strategi yang efektif
b.      Keunggulan bersaing generik
Unit bisnis mempunyai dua cara generik untuk merespon terhadap kesempatan dalam lingkungan eksternal dan mengembangkan keunggulan kompetitif yang berkesinambungan yaitu :
-          Biaya rendah melalui pendekatan seperti skala ekonomis dalam produksi, dampak kurva belajar, pengendalian biaya yang ketat dan minimalisasi biaya
-          Diferensiasi yaitu menciptakan sesuatau yang dipandang oleh pelanggan sebagai sesuatu yang unit
-          Analisis rantai nilai untuk menentukan di bagian mana operasi peusahaan dari desain sampai distribusi nilai pelanggan dapat ditambah atau dikurangi serta membantu perusahaan untuk memahami sistem penyaluran nilai

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LANGKAH-LANGKAH, PANDUAN, CARA MENGKRITISI ARTIKEL DAN KRITIK JURNAL

Panduan ini perlu latihan dan latihan agar supaya lebih kritis dan efisien dalam mengkritik sebuah artikel. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut: A.    Tahap Pengumpulan Informasi Awal Pada tahap awal ini, perlu dikumpulkan informasi-informasi yang paling mendasar pada sebuah artikel penelitian ilmiah, seperti 1.    Nama penulis 2.    Judul artikel 3.    Nama jurnal, nomor volume, tanggal, bulan dan nomor halaman 4.    Tujuan penelitian 5.    Hasil/ temuan utama 6.    Kesimpulan umum B.    Tahap Pemberian Kritik Pada tahap pengkritikan sebuah artikel ilmiah, hal yang terpenting adalah kualitas opini pengkritik atas artikel tersebut. Sebelum mulai mengkritik, terlebih dahulu membaca keseluruhan artikel guna mendapatkan gambaran atas isi artikel. Kemudian baca kembali dan mulailah menganalisa dan mengkritik, pada tahapa ini diperlukan lembar catatan atas point point kritikan. Beberapa pertanyaan dibawah ini dapat menjadi acuan dalam mengkritik sebuah artikel ilmiah,

DEFINISI TEKNIK PEMBELAJARAN MENURUT PARA AHLI

Definisi Teknik Menurut Para Ahli       Gerlach dan Ely (Hamzah B Uno, 2009:2). Teknik adalah jalan, alat, atau media yang digunakan oleh guru untuk mengarahkan kegiatan peserta didik kearah tujuan yang ingin dicapai.       Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005:1158). Teknik diartikan sebagai metode atau sistem mengerjakan sesuatu, cara membuat atau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan seni.       Al Khazin (2010). Teknik pembelajaran dapat diatikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.       Cecep (2008). Teknik adalah cara kongkret yang dipakai saat proses pembelajaran berlangsung.        Kamus Dewan (Edisi ketiga). Teknik adalah kaedah mencipta sesuatu hasil seni seperti muzik, karang-mengarang dan sebagainya.       Edward M. Anthony Teknik adalah satu muslihat atau strategi atau taktik yang digunakan oleh guru yang mencapai hasl segera yang maksimum pada waktu mengajar sesuatu b

DUNIA PENDIDIKAN : PENGERTIAN PENGANTAR PENDIDIKAN

Pengantar Ilmu Pendidikan Seorang calon pendidik atau guru harus dapat menjelaskan dengan benar tentang apa yang dimaksud pendidikan agar mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin. Jawaban yang benar tentang pendidikan tersebut dapat diperoleh melalui pemahaman terhadap unsur-unsurnya, konsep dasar yang melandasinya, dan wujud dari pendidikan sebagi sistem. Oleh karena itu pengantar ilmu pendidikan sangatlah di perlukan. Ada beraneka ragam, dan kandungannya berbeda yang satu dari yang lain mengenai definisi menurut para ahli yaitu : 1. Pendidikan sebagai Proses transformasi Budaya 2. Pendidikan sebagai Proses Pembentukan Pribadi 3. Pendidikan sebagai Proses Penyiapan Warganegara 4. Pendidikan sebagai Penyiapan Tenaga Kerja 5. Pendidikan sebagai pembentukan pembangunan bangsa