KRITISAN SKRIPSI DAN REVIEW JURNAL-METODOLOGI PENELITIAN :Analisis Perbandingan Kesehatan Perbankan Antara Penerapan Prinsip Syariah dan Konvensional



KRITIK SKRIPSI BAB I
Judul Skripsi   : Analisis Perbandingan Kesehatan Perbankan Antara  Penerapan Prinsip   Syariah dan Konvensional Periode 2008-2010
Penulis             : Mohamad Bisri (307422410964)
Tahun              : 2012
A.Latar Belakang Masalah
Peneliti melakukan penelitian yang berjudul Analisis Perbandingan Kesehatan Perbankan Antara Penerapan Prinsip Syariah dan Konvensional Periode 2008-2010 ini dilatarbelakangi oleh beberapa alasan:
Sejak satu dasawarsa ini, perbankan merupakan industri yang mengalami kemajuan pesat.
Berdasarkan pembayaran bunga atau bagi hasil usahanya jenis bank di Indonesia dibedakan menjadi dua yaitu:
1.      Bank Konvensional
2.      Bank Syariah
Perkembangan industri keuangan syariah secara informal telah dimulai sebelum dikeluarkannya kerangka hukum formal sebagai landasan operasional perbankan di Indonesia.
Krisi Ekonomi dan Moneter sejak Juli 1997 juga berdampak pada perbankan nasional yang didominasi oleh bank-bank konvensional, pada saat itu fakta menunjukkan bahwa sistem perbankan syariah relatif tahan terhadap kondisi krisis, sehingga keberhasilan sistem perbankan syariah ditengah krisis ini dianggap sebagai sebuah hikmah dan berkah.
Jika dilihat dari sisi teknis Bank Konvensional  dan Bank Syariah yang menjadi bahasan peneliti ini memiliki beberapa kesamaan seperti teknis penerimaan uang, mekanisme transfer, teknologi komputer yang digunakan, syarat-syarat umum memperoleh pembiayaan seperti KTP, NPWP, proposal, laporan keuangan dsb. Selain itu perbedaan mendasar diantaranya mencakup aspek legal dalam pengakuan transaksi, struktur organisasi, usaha yang dibiayai dan lingkungan kerja.
Dengan alasan inilah timbul pertanyaan ‘apa yang sebenarnya membedakan sistem perbankan syariah dengan konvensional hingga mampu bertahan ditengah krisis ekonomi?’
Dari analisis mengenai persamaan dasar antara Bank Syariah dan Bank Konvensional tersebut peneliti memfokuskan penelitian dengan membandingkan tingkat kesehatan bank yang dilihat melalui analisis laporan keuangan.
Sehingga peneliti merasa perlu melakukan analisis terhadap Laporan Keuangan (Financial Statement Analysis), yang mana analisis ini digunakan untuk mengukur kekuatan dan kelemahan yang dihadapi pasar dalam bidang keuangan.
Analisis terhadap laporan keuangan tersebut meliputi penilaian terhadap rasio-rasio yang diuji untuk Bank Syariah dan Bank Konvensional seperti rasio permodalan, rasio aktiva, rasio rentabilitas dan rasio likuiditas.


Krtik terhadap Latar Belakang Masalah yang ditulis oleh peneliti:
Dalam latar belakang ini peneliti sudah menguraikan alur pikirannya mengenai hal-hal apa saja yang menyebabkan penelitian dilakukan. Latar belakang masalah yang diambil oleh peneliti sudah tepat. Peneliti juga menjelaskan topik permasalahan dari yang bersifat umum menjadi menyempit ke tujuan penelitian. Namun dalam sistematika penyampainnya peneliti terlalu banyak menjabarkan definisi dan menjelaskan panjang lebar mengenai suatu topik yang seharusnya tidak perlu untuk dituliskan dalam latar belakang seperti menjelaskan perkembangan bank konvensional dan sejarah bank syariah.
Dalam Latar Belakang Masalah ini peneliti menyampaikan Question Reasoning atau pertanyaan yang mendasari penelitian secara eksplisit, yaitu rasa ingin tahu peneliti terhadap perbedaan tingkat kesehatan perbankan syariah dengan bank konvensional, sehingga bank-bank syariah mampu bertahan terhadap krisis ekonomi.
Sehingga rumusan masalah yang dibuat peneliti adalah sebagai berikut:
Adakah perbedaan yang sigifikan atas kesehatan keuangan perbankan syariah jika dibandingkan dengan perbankan konvensional atas rasio permodalan, kualitas akktiva produktif, rasio rentabilitas dan rasio likuiditas?
Penelitian komparatif yang membandingkan tingkat kesehatan bank syariah dan bank konvensional ini




Tugas Metodologi Penelitian
Nama   : Wiwin Juliyanti
NIM    : 110422425527
Kelas   : Offering EE/S1 Akuntansi



Tags:

0 Responses to “KRITISAN SKRIPSI DAN REVIEW JURNAL-METODOLOGI PENELITIAN :Analisis Perbandingan Kesehatan Perbankan Antara Penerapan Prinsip Syariah dan Konvensional”

Posting Komentar

Subscribe

Untuk berlangganan artikel dari blog ini, ketikkan alamat email kamu!

© 2011 JEJAK SEMESTER. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks