Langsung ke konten utama

KETRAMPILAN YANG HARUS DIMILIKI OLEH SEORANG PENDIDIK



Berikut adalah jenis-jenis keterampilan pendidik :
1. Keterampilan bertanya
Keterampilan bertanya adalah bagian yang tidak dapat di pisahkan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas dari proses dan hasil dalam kegiatan pembelajaran, keterampilan ini pun sekaligus bagian dari suatu keberhasilan dalam pengelolaan instruksional atau pun dalam pengelolaan kelas. Dengan adanya keterampilan bertanya guru dapat mendeteksi dan menemukan hambatan
pada proses berpikir di kalangan para siswa dan juga sekaligus dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas dari proses belajar di kalangan para siswa.

2. Keterampilan dalam penyajian suatu penjelasan
Keterampilan ini menuntut para pendidik ini untuk menggunakan bahasa yang mudah di mengerti dan hendaknya memberikan contoh atau ilustrasi, agar para siswa jelas menangkap dari maksud yang di sampaikan oleh para pendidik tersebut.

3. Keterampilan dalam pemberian tekanan
Maksud dari keterampilan ini adalah para pendidik harus memberikan pengarahan kepada para siswa untuk terpusat kepada masalah pokok dan mengurangi untuk memberikan informasi-informasi yang kurang penting.

4. Keterampilan dalam penggunaan balikan
Keterampilan ini para pendidik harus memberikan kesempatan kepada para siswa untuk menunjukkan keraguan, pamahaman, atau ketidak mengertiannya ketika penjelasan tersebut yang di berikan. Berdasarkan keterampilan balikan tersebut memang sangat di perlukan untuk melakukan penyesuaian dalam penyajiannya.

5. Keterampilan dalam memulai dan mengakhiri pembelajaran
Keterampilan dalam memulai pelajaran yaitu para pendidik harus bisa menciptakan prokondusi bagi para siswa agar mental atau pun perhatian para siswa terpusat atau tertuju kepada apa yang akan para pendidik itu sampaikan. Sedangkan mengakhiri pelajaran yaitu para pendidik harus memberikan suasana yang menyenangkan sehingga apa yang telah di jelaskan tadi bisa di tangkap oleh para siswa tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LANGKAH-LANGKAH, PANDUAN, CARA MENGKRITISI ARTIKEL DAN KRITIK JURNAL

Panduan ini perlu latihan dan latihan agar supaya lebih kritis dan efisien dalam mengkritik sebuah artikel. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut: A.    Tahap Pengumpulan Informasi Awal Pada tahap awal ini, perlu dikumpulkan informasi-informasi yang paling mendasar pada sebuah artikel penelitian ilmiah, seperti 1.    Nama penulis 2.    Judul artikel 3.    Nama jurnal, nomor volume, tanggal, bulan dan nomor halaman 4.    Tujuan penelitian 5.    Hasil/ temuan utama 6.    Kesimpulan umum B.    Tahap Pemberian Kritik Pada tahap pengkritikan sebuah artikel ilmiah, hal yang terpenting adalah kualitas opini pengkritik atas artikel tersebut. Sebelum mulai mengkritik, terlebih dahulu membaca keseluruhan artikel guna mendapatkan gambaran atas isi artikel. Kemudian baca kembali dan mulailah menganalisa dan mengkritik, pada tahapa ini diperlukan lembar catatan atas point point kritikan. Beberapa pertanyaan dibawah ini dapat menjadi acuan dalam mengkritik sebuah artikel ilmiah,

DUNIA PENDIDIKAN : PENGERTIAN PENGANTAR PENDIDIKAN

Pengantar Ilmu Pendidikan Seorang calon pendidik atau guru harus dapat menjelaskan dengan benar tentang apa yang dimaksud pendidikan agar mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin. Jawaban yang benar tentang pendidikan tersebut dapat diperoleh melalui pemahaman terhadap unsur-unsurnya, konsep dasar yang melandasinya, dan wujud dari pendidikan sebagi sistem. Oleh karena itu pengantar ilmu pendidikan sangatlah di perlukan. Ada beraneka ragam, dan kandungannya berbeda yang satu dari yang lain mengenai definisi menurut para ahli yaitu : 1. Pendidikan sebagai Proses transformasi Budaya 2. Pendidikan sebagai Proses Pembentukan Pribadi 3. Pendidikan sebagai Proses Penyiapan Warganegara 4. Pendidikan sebagai Penyiapan Tenaga Kerja 5. Pendidikan sebagai pembentukan pembangunan bangsa

DEFINISI TEKNIK PEMBELAJARAN MENURUT PARA AHLI

Definisi Teknik Menurut Para Ahli       Gerlach dan Ely (Hamzah B Uno, 2009:2). Teknik adalah jalan, alat, atau media yang digunakan oleh guru untuk mengarahkan kegiatan peserta didik kearah tujuan yang ingin dicapai.       Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005:1158). Teknik diartikan sebagai metode atau sistem mengerjakan sesuatu, cara membuat atau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan seni.       Al Khazin (2010). Teknik pembelajaran dapat diatikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.       Cecep (2008). Teknik adalah cara kongkret yang dipakai saat proses pembelajaran berlangsung.        Kamus Dewan (Edisi ketiga). Teknik adalah kaedah mencipta sesuatu hasil seni seperti muzik, karang-mengarang dan sebagainya.       Edward M. Anthony Teknik adalah satu muslihat atau strategi atau taktik yang digunakan oleh guru yang mencapai hasl segera yang maksimum pada waktu mengajar sesuatu b