Langsung ke konten utama

AKUNTANSI MANAJEMEN: ANALISIS CVP (COST-VOLUME-PROFIT)

COST - VOLUME – PROFIT ANALYSIS

Pengertian

Analisis Cost-Volume-Profit (CVP) melihat perilaku dari total revenue, total cost, dan operating income ketika level output, selling price, biaya variabel per unit, dan atau biaya tetap suatu produk mengalami perubahan. Contoh: berapakah total revenue dan total cost akan berubah jika level output berubah.
Contribution margin adalah selisih antara total revenue dan total variable cost. CM menunjukkan seberapa besar kontribusi dari harga jual produk yang ditetapkan untuk menutupi biaya tetap setelah menutupi seluruh biaya variabel. Contribution margin ratio adalah persentase CM terhadap harga jual produk.
Gross margin adalah selisih antara total revenue dengan COGS.

Analisis CVP didasarkan pada beberapa asumsi:
  1. Perubahan pada pendapatan dan biaya terjadi hanya karena perubahan dari jumlah produk atau jasa yang diproduksi dan dijual
  2. Total biaya bisa dipisahkan menjadi komponen fixed yang tidak dipengaruhi level output dan biaya variabel yang dipengaruhi level output.
  3. Jika disajikan dalam grafik, perilaku dari toatal revenue dan total cost akan linier (garis lurus) sehubungan dengan level output pada relevant range tertentu (dan jangka waktu).
  4. Selling price, biaya variabel per unit, dan biaya fixed (pada relevant range dan periode waktu tertentu) diketahui dan konstan.
  5. Analisis bisa digunakan untuk produk tunggal atau mengasumsikan proporsi produk yang berbeda adalah tetap ketika level total unit yang dijual berubah (jika lebih dari satu produk dijual).
  6. Seluruh pendapatan dan biaya dapat ditambahkan dan dibandingkan tanpa memperhitungkan time value of money.

Breakeven Point

BEP adalah jumlah kuantitas output yang dijual dimana total pendapatan sama dengan total biaya (yaitu kuantitas produk yang dijual dimana laba operasi adalah nol)
Ada beberapa metode untuk mencari BEP:
  1. Equation Method
Revenue – Variable Cost – Fixed Cost = Operating Income
(SP x Q) – (VCU x Q)    FC                = OI

  1. Cotribution Margin Method
Metode CM dicari dari rumus persamaan yang pertama:
(SP x Q) – (VCU x Q)    FC  = OI
(SP – VCU) x Q = FC + OI
          CMU x Q = FC + OI
                       Q = FC + OI
                                CMU
Pada titik BEP, operating income adalah nol (OI = 0), sehingga persamaan untuk mencari unit BEPmenjadi : Q =    FC
                                        CMU
Keterangan:
SP = Selling Price
VCU = Variable cost per unit
CMU = Contribution margin per unit
FC = Fixed cost
Q = Quantity
OI = Operating income

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LANGKAH-LANGKAH, PANDUAN, CARA MENGKRITISI ARTIKEL DAN KRITIK JURNAL

Panduan ini perlu latihan dan latihan agar supaya lebih kritis dan efisien dalam mengkritik sebuah artikel. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut: A.    Tahap Pengumpulan Informasi Awal Pada tahap awal ini, perlu dikumpulkan informasi-informasi yang paling mendasar pada sebuah artikel penelitian ilmiah, seperti 1.    Nama penulis 2.    Judul artikel 3.    Nama jurnal, nomor volume, tanggal, bulan dan nomor halaman 4.    Tujuan penelitian 5.    Hasil/ temuan utama 6.    Kesimpulan umum B.    Tahap Pemberian Kritik Pada tahap pengkritikan sebuah artikel ilmiah, hal yang terpenting adalah kualitas opini pengkritik atas artikel tersebut. Sebelum mulai mengkritik, terlebih dahulu membaca keseluruhan artikel guna mendapatkan gambaran atas isi artikel. Kemudian baca kembali dan mulailah menganalisa dan mengkritik, pada tahapa ini diperlukan lembar catatan atas point point kritikan. Beberapa pertanyaan dibawah ini dapat menjadi acuan dalam mengkritik sebuah artikel ilmiah,

DUNIA PENDIDIKAN : PENGERTIAN PENGANTAR PENDIDIKAN

Pengantar Ilmu Pendidikan Seorang calon pendidik atau guru harus dapat menjelaskan dengan benar tentang apa yang dimaksud pendidikan agar mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin. Jawaban yang benar tentang pendidikan tersebut dapat diperoleh melalui pemahaman terhadap unsur-unsurnya, konsep dasar yang melandasinya, dan wujud dari pendidikan sebagi sistem. Oleh karena itu pengantar ilmu pendidikan sangatlah di perlukan. Ada beraneka ragam, dan kandungannya berbeda yang satu dari yang lain mengenai definisi menurut para ahli yaitu : 1. Pendidikan sebagai Proses transformasi Budaya 2. Pendidikan sebagai Proses Pembentukan Pribadi 3. Pendidikan sebagai Proses Penyiapan Warganegara 4. Pendidikan sebagai Penyiapan Tenaga Kerja 5. Pendidikan sebagai pembentukan pembangunan bangsa

DEFINISI TEKNIK PEMBELAJARAN MENURUT PARA AHLI

Definisi Teknik Menurut Para Ahli       Gerlach dan Ely (Hamzah B Uno, 2009:2). Teknik adalah jalan, alat, atau media yang digunakan oleh guru untuk mengarahkan kegiatan peserta didik kearah tujuan yang ingin dicapai.       Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005:1158). Teknik diartikan sebagai metode atau sistem mengerjakan sesuatu, cara membuat atau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan seni.       Al Khazin (2010). Teknik pembelajaran dapat diatikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.       Cecep (2008). Teknik adalah cara kongkret yang dipakai saat proses pembelajaran berlangsung.        Kamus Dewan (Edisi ketiga). Teknik adalah kaedah mencipta sesuatu hasil seni seperti muzik, karang-mengarang dan sebagainya.       Edward M. Anthony Teknik adalah satu muslihat atau strategi atau taktik yang digunakan oleh guru yang mencapai hasl segera yang maksimum pada waktu mengajar sesuatu b