Langsung ke konten utama

CONTOH RPP AKUNTANSI SMA: MATERI PENYUSUNAN SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA NEGERI 6 MALANG
Bidang Studi : Ekonomi
Kelas/Semester : XI/2
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit 
A. STANDAR KOMPETENSI
     Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa
B. KOMPETENSI DASAR
     Menafsirkan penggolongan akun-akun
C. INDIKATOR
    1. Menafsirkan definisi perusahaan jasa.
    2. Mendeskripsikan ciri-ciri perusahaan jasa
    3. Mendeskripsikan penggolongan akun
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
    1. Siswa dapat menafsirkan definisi perusahaan jasa
    2. Siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri perusahaan jasa
    3. Siswa dapat mendeskripsikan penggolongan akun
E. MATERI PEMBELAJARAN
    1.  Pengertian perusahaan jasa
adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam melayani kebutuhan masyarakat
    2.  Ciri-ciri perusahaan jasa
         a. Menjual jasa untuk memperoleh laba
         b. Pendapatan diperoleh dari penjualan jasa 
    3.  Mendeskripsikan penggolongan akun
         Akun adalah suatu formulir atau tempat mencatat transaksi keuangan yang sejenis dan dapat mempengaruhi harta, utang, dan modal perusahaan
         Kode akun terdiri dari:
         a. Kode Numerik
adalah cara pemberian kode akun dengan menggunakan nomor-nomor yang  dimulai dari 0 sampai 9
         b. Kode Desimal 
             akun diklasifikasikan menjadi kelompok atau rubrik.
         c. Kode Mnemonik
             Pemberian kode dilakukan dengan menggunakan huruf.
         d. Kode Kombinasi Huruf dan Angka
Pemberian kode akun dengan kombinasi huruf dan angka dapat dilakukan dengan memberikan kode huruf pada kelompok dan golongan akun sedangkan untuk jenis akun diberikan kode angka.
F. PENDEKATAN, METODE, DAN MODEL PEMBELAJARAN
    Pendekatan : Kontruktivis
    Metode : Kooperatif
    Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining
G. MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN
     Media    : -
     Sumber Pembelajaran    : 
      Suranto, Agus dkk. 2006. Prinsip-prinsip Akuntansi 1. Jakarta: Yudistira
Firdaus,Yoga dkk. 2005.Akuntansi SMA untuk Kelas XI. Jakarta:Erlangga
H. SKENARIO PEMBELAJARAN
Pertemuan I
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa 
Model
Alokasi waktu
1
2
3
Kegiatan awal:
a. Guru mengingatkan kembali pelajaran sebelumnya
b. Guru menanyakan tentang perusahaan jasa
Kegiatan inti:
a. Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai
b. Guru menerangkan secara garis besar tentang penggolongan akun
c. Guru memberi tugas untuk mendefinisikan pengertian masing-masing akun kepada siswa
d. Guru meminta siswa untuk menjelaskan  pemikiran masing-masing kepada siswa lain.
e. Guru menyimpulkan jawaban dari siswa.
f. Guru menerangkan semua materi yang disajikan tadi
g. Guru memberi 
kesimpulan
Kegiatan akhir:
a. Guru mengulang kembali materi yang telah disampaikan dan menyimpulkan kembali
b. Guru mengakhiri dengan menyuruh siswa latihan soal selanjutnya di rumah
Kegiatan awal:
a. Siswa diharapkan mengingat pelajaran kemarin
b. Siswa diharapkan menjawab perusahaan yang bergerak dalam melayani masyarakat.
Kegiatan inti:
a. Siswa memperhatikan penjelasan dari guru
b. Siswa memperhatikan penjelasan gurunya
c. Siswa mendiskusikan tugas tersebut
d. Salah satu siswa menjelaskan jawabannya dan siswa lain menyimak
e. Siswa menyimak penjelasan tambahan dari gurunya
f. Siswa mendengarkan dan menambahkan pada catatannya masing-masing
g. Siswa mencatat kesimpulan dari gurunya 
Kegiatan akhir:
a. Siswa memperhatikan penjelasan dari gurunya
b. Siswa mencatat apa yang diperintahkan oleh gurunya.
Ceramah
Student Facilitator and Explaining
Ceramah
5 menit
80 menit
5 menit
I. PENILAIAN
   1. Dengan tes
       Penilaian dilakukan dengan tes tertulis.
       Soal berasal dari guru dan LKS
   
Mengetahui, Malang, 14 Februari 2009
Guru Mata Pelajaran Guru Praktikan
Ngesti Bayu R.,S.Pd Dudung Ma’ruf Nuris
NIP. 131559744 NIM. 106421403922
Soal Persamaan Akuntansi:
Tuan Nurdiantoro mendirikan sebuah perusahaan perseorangan pada tanggal 1 oktober 2008. Transaksi yang teRjadi selama oktober adalah sebagai berikut:
Oktober 2 Tuan Nurdianto membuka rekening di bank untuk perusahaannya dan menyetorkan uang Rp 50.000.000 ke rekening tersebut sebagai modalnya.
  5 Dibayar sewa gedung dan peralatan bulan ini Rp 6.000.000
  8 Dibeli perlengkapan secara kredit sebesar Rp 18.500.000
 10 Dibayar utang kepada kreditur Rp 12.500.000
 18 Diterima kas dari penjualan jasa secara tunai Rp 7.500.000 
 21 Dibayar biaya kendaraan bulan ini Rp 15.600.000
 23 Dibayar gaji pegawai kantor Rp 3.000.000
 26 Ditentukan harga perlengkapan yang tersisa adalah Rp 17.200.000. Ini  berarti harga perlengkapan yang terpakai Rp 1.300.000
28 Dikirimkan tagihan kepada pemakai jasa secara kredit senilai Rp 4.700.000
 30 Tuan Nurdianto mengambil kas untuk keperluan pribadi Rp 2.000.000 
Diminta:
Tunjukkan pengaruh masing-masing transaksi diatas dengan menggunakan tabel berikut:
Aktiva Kewajiban + Modal
Kas + Piutang + Perlengkapan = Utang dagang + Modal Nurdianto

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LANGKAH-LANGKAH, PANDUAN, CARA MENGKRITISI ARTIKEL DAN KRITIK JURNAL

Panduan ini perlu latihan dan latihan agar supaya lebih kritis dan efisien dalam mengkritik sebuah artikel. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut: A.    Tahap Pengumpulan Informasi Awal Pada tahap awal ini, perlu dikumpulkan informasi-informasi yang paling mendasar pada sebuah artikel penelitian ilmiah, seperti 1.    Nama penulis 2.    Judul artikel 3.    Nama jurnal, nomor volume, tanggal, bulan dan nomor halaman 4.    Tujuan penelitian 5.    Hasil/ temuan utama 6.    Kesimpulan umum B.    Tahap Pemberian Kritik Pada tahap pengkritikan sebuah artikel ilmiah, hal yang terpenting adalah kualitas opini pengkritik atas artikel tersebut. Sebelum mulai mengkritik, terlebih dahulu membaca keseluruhan artikel guna mendapatkan gambaran atas isi artikel. Kemudian baca kembali dan mulailah menganalisa dan mengkritik, pada tahapa ini diperlukan lembar catatan atas point point kritikan. Beberapa pertanyaan dibawah ini dapat menjadi acuan dalam mengkritik sebuah artikel ilmiah,

DEFINISI TEKNIK PEMBELAJARAN MENURUT PARA AHLI

Definisi Teknik Menurut Para Ahli       Gerlach dan Ely (Hamzah B Uno, 2009:2). Teknik adalah jalan, alat, atau media yang digunakan oleh guru untuk mengarahkan kegiatan peserta didik kearah tujuan yang ingin dicapai.       Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005:1158). Teknik diartikan sebagai metode atau sistem mengerjakan sesuatu, cara membuat atau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan seni.       Al Khazin (2010). Teknik pembelajaran dapat diatikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.       Cecep (2008). Teknik adalah cara kongkret yang dipakai saat proses pembelajaran berlangsung.        Kamus Dewan (Edisi ketiga). Teknik adalah kaedah mencipta sesuatu hasil seni seperti muzik, karang-mengarang dan sebagainya.       Edward M. Anthony Teknik adalah satu muslihat atau strategi atau taktik yang digunakan oleh guru yang mencapai hasl segera yang maksimum pada waktu mengajar sesuatu b

DUNIA PENDIDIKAN : PENGERTIAN PENGANTAR PENDIDIKAN

Pengantar Ilmu Pendidikan Seorang calon pendidik atau guru harus dapat menjelaskan dengan benar tentang apa yang dimaksud pendidikan agar mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin. Jawaban yang benar tentang pendidikan tersebut dapat diperoleh melalui pemahaman terhadap unsur-unsurnya, konsep dasar yang melandasinya, dan wujud dari pendidikan sebagi sistem. Oleh karena itu pengantar ilmu pendidikan sangatlah di perlukan. Ada beraneka ragam, dan kandungannya berbeda yang satu dari yang lain mengenai definisi menurut para ahli yaitu : 1. Pendidikan sebagai Proses transformasi Budaya 2. Pendidikan sebagai Proses Pembentukan Pribadi 3. Pendidikan sebagai Proses Penyiapan Warganegara 4. Pendidikan sebagai Penyiapan Tenaga Kerja 5. Pendidikan sebagai pembentukan pembangunan bangsa